BBM TURUN


Seperti sudah diduga, pemerintah pasti akan menurunkan harga BBM, apalagi harga minyak dunia sudah di kisaran 40 dolar saja per barelnya. Wajar kalau Presiden SBY tadi malam memutuskan menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dari Rp5.500 menjadi Rp5.000 dan solar dari Rp5.500 menjadi Rp.4.800 mulai Senin (15/12) terhitung pukul 00.00 waktu setempat di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam penjelasannya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan sudah mengambil keputusan untuk menurunkan harga premium dan solar, namun belum untuk minyak tanah karena terkait dengan beban subsidi dan anggaran negara.

Pejabat Menko Perekonomian yang juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penurunan itu dilakukan setelah melihat adanya penurunan harga minyak mentah dunia yang cukup tajam.

Dengan penurunan harga ini diharapkan terjadi penurunan inflasi sebesar 0,3 persen hingga 0,5 persen, sehingga daya beli masyarakat bisa terjaga dengan penurunan inflasi tersebut.

Hemat kita, walaupun harga BBM sudah turun dua kali dalam bulan (Desember) ini, namun pengaruhnya di masyarakat tidaklah besar. Pasalnya, penurunnya tidak sekaligus, dicicil dua kali dalam bulan ini. Pertama 1 Desember dan yang kedua 15 Desember masing-masing Rp 500 per liternya.

0 komentar:

Posting Komentar