Pekan IPTEK ASEAN

Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-10 dan bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ASEAN (ASEAN Science and Technology Week) ke-7, Kementerian Negara Riset dan Teknologi akan menyelenggarakan ASEAN Ritech Expo 2005.

ASEAN RITech (Research, Innovation, and Technology) Expo 2005 bertema : "NNOVATIVE ASEAN"- Untuk Mewujudkan Daya Saing ASEAN melalui Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sesuai dengan tema tesebut, pameran ini akan menampilkan perkembangan hasil-hasil riset, inovasi, dan teknologi yang telah dicapai oleh komunitas IPTEK di Indonesia dan di kawasan negara-negara ASEAN.

Penyelenggaraan ASEAN Ritech Expo 2005 ini akan berlangsung mulai tanggal 6 s/d 12 Agustus 2005, pukul 09.00 - 16.00 Wib, di Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Gedung II BPPT, lantai dasar, lantai 3 dan 4, Jl. MH Thamrin No. 8 Jakarta.

Berbagai acara telah dikemas untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai perkembangan IPTEK dan inovasinya dari berbagai negara anggota ASEAN dan khususnya Indonesia untuk berbagai bidang seperti : Transportasi, Pangan, Energi, Teknologi Informasi, Pertahanan dan Kesehatan.

Berbagai materi pameran diperagakan dalam ASEAN Ritech Expo 2005 ini, antara lain :

- Di bidang pertahanan, bangsa Indonesia diharapkan dapat mandiri dalam pengadaan peralatan pertahanannya, pengunjung dapat melihat dari dekat berbagai produk pertahanan yang telah dihasilkan anak bangsa seperti kendaraan tempur (panser), mobile shooting range, pesawat pengintai tanpa awak, senapan serbu dan lain-lain.

- Di bidang transportasi, Indonesia telah mampu menghasilkan berbagai model pesawat, kapal tanker, mobil hemat energi, mesin alumunium untuk kendaraan bermotor, serta sistem signal kereta api.

- Di bidang energi, akan ditampilkan berbagai macam pemanfaatan energi alternatif seperti biodiesel, gasohol, energi surya, energi angin, serta energi nuklir untuk mengatasi krisis energi di masa depan.

- Dibidang Teknologi Informasi, pengunjung akan disuguhkan berbagai hasil kemajuan teknologi informasi, khususnya dalam pengembangan piranti lunak/sofware berbasis "open source" yang dihasilkan oleh bangsa sendiri untuk meningkatkan kemandirian dan mengurangi ketergantungan terhadap sofware berlisensi dari luar negeri.

Dalam ajang ASEAN Ritech Expo 2005 ini, akan digelar berbagai produk dari hasil Riset Unggulan Strategis Nasional dan Start Up Capital serta dari berbagai daerah seperti demo pembuatan produk kerajinan dari bahan perak, bahan pakaian serat alam dan sutera Bugis.

Disamping itu juga akan diselenggarakan lomba lukis untuk anak-anak bertemakan IPTEK serta Lomba Foto diajang pameran ASEAN Ritech Expo 2005. Acara pameran juga akan dimeriahkan dengan hiburan dan kehadiran Techno Celebs serta pemberian doorprize bagi para pengunjung pameran

Pameran ASEAN Ritech Expo 2005 perlu dikunjungi oleh masyarakat selain untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi bagi pelaku dan pengguna IPTEK juga membangkitkan minat masyarakat Indonesia agar lebih mencintai hasil produk bangsa sendiri dan mau melakukan kegiatan riset, inovasi, dan penguasaan teknologi. Kegiatan ini juga menjadi sarana komunikasi antara pelaku dan pengguna IPTEK khususnya untuk menemukan kesesuaian antara kebutuhan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan industri.

0 komentar:

Posting Komentar